Harus Diprioritaskan, Promosi Wisata Bahari

Indonesia memiliki wilayah perairan yang sangat luas dan bisa menjadi modal pengembangan sektor pariwisata di Indonesia. Ketua DPP HPI mengatakan, untuk tahun 2010 ini pemerintah pusat mesti memprioritaskan promosi kekayaan wisata bahari Indonesia untuk mendukung sektor pariwisata.

Perairan Indonesia cukup luas sehingga memiliki keindahan alam bawah laut yang sangat beragam. Keindahan alam bawah laut ini bisa dijadikan modal untuk pengembangkan wisata bahari seperti kegiatan diving, snorkeling termasuk water sport. Di tahun-tahun sebelumnya pemerintah pusat lebih banyak mengedepankan pariwisata budaya dan menampilkan keindahan pemandangan alam. Pada tahun 2010 ini, Indonesia bisa mengedepankan wisata bahari untuk menggerakkan sektor pariwisata.

Di Indonesia sendiri termasuk Bali memiliki kawasan wisata bahari yang sangat indah. Salah satu contoh wisatawan yang berlibur ke Bali bisa menikmati wisata bahari seperti surfing, diving, snorkeling dan wisata bahari lainnya di Bali.

Berkembangnya wisata bahari di Indonesia, juga sangat tergantung dari dukungan kegiatan promosi yang dilakukan pemerintah pusat. Selain Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata, keindahan wisata bahari di Indonesia wajib dipromosikan departemen yang membawahi masalah perikanan dan kelautan Indonesia.

Bali memiliki kawasan wisata bahari seperti Nusa Penida, Pulau Menjangan, Amed, Lembongan dan kawasan wisata bahari yang lain. Walaupun kawasan wisata bahari di Bali sudah cukup dikenal, pemerintah pusat mesti tetap mempromosikan wisata bahari di Bali ke mancanegara.

Wisata bahari di Bali termasuk kawasan wisata lain di Indonesia memiliki kelebihan masing-masing. Seperti kawasan perairan di Nusa Penida dilengkapi dengan ikan khusus seperti mola-mola. Ikan mola-mola di Nusa Penida ini mesti dipromosikan kepada dunia. Para penyelam dunia tentunya akan sangat tertarik melihat secara langsung ikan yang ada di kawasan Nusa Penida tersebut. Ini termasuk keindahan terumbu karang yang ada di Nusa Penida dan kawasan wisata bahari lain di Indonesia.

Dibandingkan dengan Malaysia, masyarakat Indonesia mesti bangga memiliki wilayah perairan laut yang cukup luas. Malaysia mungkin mengedepankan wisata darat seperti perhotelan. Indonesia memiliki laut yang luas tentunya sangat tepat jika mengedepankan wisata bahari. Dari wisata bahari ini, pelaku wisata di Indonesia bisa menawarkan kegiatan snorkeling, diving, surfing dan wisata bahari yang lain.

Pemprop Bali termasuk kawasan Indonesia yang lain, memiliki data statistik kunjungan wisatawan. Pelaku pariwisata di Indonesia mesti menawarkan kegiatan wisata bahari kepada tiap wisatawan mancanegara yang datang ke Indonesia pada tahun 2010 ini. Ini juga merupakan bagian kegiatan memprioritaskan pengembangan wisata bahari.

Wisatawan Eropa di antaranya tidak memiliki wilayah laut. Mereka sangat tepat ditawarkan menikmati keindahan alam bawah laut di Indonesia termasuk di Bali. Ini diimbangi dengan penambahan penyediaan wisata cruise di Bali. Dengan penyediaan kapal pesiar di Bali, bisa menjaring wisatawan mancanegara untuk berlibur lebih lama di Bali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please insert the signs in the image: