Paceklik Kunjungan, Hotel Melati Garap MICE

Menghadapi musim paceklik kunjungan, sejumlah pengelola hotel melati di kawasan Denpasar mengaku mengotimalkan kegiatan MICE (meeting, incentive, conference, and exhibition ). Hal itu untuk menutupi tingkat hunian hotel yang turun hingga 30-40 persen akibat minimnya wisatawan domestik (wisdom) yang berlibur ke Bali.

Dari pengalaman sebelumnya pasca-Nataru, wisdom ke Bali pasti sedikit. Jika bisa mempertahankan tingkat hunian 50 persen saja itu sudah bagus. Karena itu, dengan menjual paket MICE, tingkat hunian yang turun bisa terdongkrak.

Selain itu, penawaran paket MICE akan menutupi pendapatan hotel yang merosot hingga menjelang musim kunjungan wisatawan domestik yakni antara bulan Juni-Juli mendatang. Indikasi yang jelas terlihat belakangan ini, tiap penyelenggaraan wisata konvensi ke daerah kita, peminatnya melimpah, sampai dua kali lipat dibandingkan di tempat lain.

Keuntungan menawarkan paket MICE cukup banyak. Selain tidak mengenal musim, peserta MICE biasanya memiliki spending money yang tinggi dibandingkan pengunjung lainnya. Selain mengotimalkan pasar MICE, juga diberikan potongan harga hingga 40 persen dari tarif normal untuk menarik pengunjung.

Sementara itu, minat perusahaan multinasional, BUMN dan ekspatriat untuk melakukan meeting dan incentive tour ke kawasan wisata di Bali sangat tinggi. Terbukti, selain tingkat hunian yang masih stabil, jadwal meeting yang dilakukan pihak instansi pemerintahan maupun swasta juga terus berjalan.

Selain itu, dari segi revenue grup MICE sangat tinggi, spending money wisatawan MICE bisa 10 kali lebih besar daripada wisatawan biasa. Pasalnya, wisatawan MICE pasti memakai kamar, menikmati F&B dan tentu saja ruang meeting. Keramah-tamahan masyarakat dan lingkungan yang aman serta nyaman, memang menjadikan Bali sebagai pilihan terbaik untuk penyelenggaraan wisata konvensi atau wisata MICE.

Dan order-order MICE sangat ditentukan oleh pendekatan personal khususnya dengan agen MICE tertentu. Tak ketinggalan melakukan salles call ke pemerintah serta fleksibilitas dalam mengakomodasi permintaan organizer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please insert the signs in the image: