Tanah Lot Art Festival Kembali Digelar

Sebagai destinasi favorit di Bali, DTW (daerah tujuan wisata) Tanah Lot tak pernah kering dengan aktivitas seni dan budaya. Selain memiliki beberapa pura yang mampu menciptakan atraksi budaya alami, juga adanya keinginan memberi inovasi dan pihak pengelola yang kreatif.

Buktinya, tahun 2010 ini DTW yang mendapat penghargaan Emerald (sebuah penghargaan tertinggi) THK (Tri Hita Karana) Awards & Accreditation ini kembali menggelar Tanah Lot Art Festival. Acara tersebut akan digelar pada 27 Juli – 02 Agustus mendatang yang dipusatkan di Obyek Wisata Tanah Lot, Kediri, Tabanan.

Seni dan budaya yang ada di Kabupaten Tabanan memiliki keragaman dan kekhasan tersendiri dibandingkan dengan kesenian di daerah lainnya. Hal itu merupakan potensi yang dapat dijadikan sebagai daya tarik wisata, di samping sebagai upaya pelestarian juga pengembangan. Aktivitas ini juga menjadi sebuah promosi destinasi yang diharapkan mampu untuk mengajegkan seni budaya Bali yang Adi Luhung.

Selain itu, Tanah Lot Art Festival 2010 akan mengacu pada 5 materi pokok yaitu Pagelaran, Lomba, Parade, Pameran dan Dokumentasi. Selama pelaksanaan, puluhan seniman dan ribuan masyarakat Tabanan akan terlibat. Lewat pelaksanaan Tanah Lot Art Festival diharapkan akan lahir budayawan muda yang berprestasi. Juga memberikan penyegaran bagi kehidupan manusia. Sesuai Perda No.3 tentang Pariwisata Budaya yang menekankan Budaya Bali yang dijiwai oleh agama Hindu, itu berarti wajib melestarikan dan mengembangkan budaya Bali.

Sementara itu, dalam pagelaran akan menampilkan kesenian Wayang Cenk Blonk, Kesenian klasik dan kreasi baru khas Tabanan, Joged
Bumbung Mebarung, kontemporer, Geguntangan dan Pesantian, Arja Klasik, Drama Gong, Gender Wayang dan Pragmentari Bleganjur. Parade menampilkan : Parade Gong Kebyar Wanita diikuti 10 kecamatan di Kabupaten Tabanan, Parade Gong Kebyar Dewasa dan Anak-anak juga ,Parade Gong kebyar dewasa, Parade angklung kebyar.

Sementara itu, untuk kegiatan lomba akan menampilkan lomba layang-layang, lomba merangkai bunga, janur, makanan dan busana (PKK), lomba Klepon dan Kuliner khas Kabupaten Tabanan. Sementara kegiatan pameran akan menampilkan produk-produk unggulan perindustrian pangan, kerajinan dan desain, pameran foto dan film dokumentasi obyek pariwisata, pameran buku-buku tentang obyek pariwisata dan pameran lukisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please insert the signs in the image: