Search

PostHeaderIcon Wisata Bahari di Lovina Ditutup Karena Cuaca Buruk

Puluhan orang pemandu wisata bahari di Pantai Lovina, Kecamatan Buleleng mendadak tidak melaut. Padahal, wisatawan asing maupun tamu lokal sudah banyak yang memesan untuk tour melihat dolphin ataupun snorkeling. Hal ini menyusul hujan disertai angin kencang melanda Buleleng sejak beberapa hari terakhir. Pantai yang biasanya tenang, beberapa hari terakhir ini gelombangnya naik hingga 1,5 meter. Semua kapten (pengemudi perahu-red) hanya bisa duduk-duduk di tepi pantai sambil membersihkan perahu mereka. Para kapten ini hanya bisa pasrah karena mereka tidak bisa mengantarkan wisatawan untuk tour ke tengah laut akibat cuaca buruk. Bahkan, order yang mereka terima dari tamu maupun pengelola hotel terpaksa dibatalkan.

Adapun alasan tidak melayani tamu karena dikhawatirkan dengan keselamatan tamu yang diantarkan tour ke tengah laut karena cuaca buruk akhir-akhir ini. Padahal, puluhan tamu asing sudah mem-booking sejak jauh-jauh hari. Ini dikarenakan ombak besar membuat takut untuk melaut. Wisatawan yang sudah pesan terpaksa dibatalkan.

Sementara itu, tour ini juga belum bisa dipastikan kapan akan bisa melaut. Sebab, masalah cuaca di laut sangat sulit untuk diprediksi. Terkadang dari daratan cuaca biasa-biasa saja, namun setelah di tengah laut tiba-tiba turun hujan deras disertai angin kencang. Dengan kondisi ini maka diputuskan untuk tidak melayani tamu beberapa hari ke depan hingga cuaca benar-benar kembali normal.

Sementara itu, di Lovina wisata bahari dengan konsep tour ke tengah laut dengan objek dolphin dan juga snorkeling. Jasa wisata bahari ini dikelola oleh puluhan warga di Desa Kalibukbuk dan mereka kini sudah tergabung dalam organisasi Catur Karya Bhakti Segara. Satu kali melaut menempuh waktu perjalanan antara 1 hingga 3 jam. Untuk tamu asing jasa ini banyak dinikmati oleh wisatawan asal Eropa, Belanda, Pranscis, dan Australia. Sementara wisatawan lokal kebanyakan dari Jakarta, Surabaya , dan kota-kota besar lainnya.

Leave a Reply

Please insert the signs in the image: