Kunjungan Wisatawan ke Gianyar Melonjak

Jumlah kunjungan wisatawan ke Gianyar selama tahun 2010 mengalami peningkatan yang cukup signifikan dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Januari sampai September saja sudah mencapai 512.983 orang yang didominasi oleh wisatawan mancanegara sebanyak 355.093 orang. Sementara untuk wisatawan domestik tercatat sebanyak 157.890 orang. Objek wisata peninggalan kebudayaan dan sejarah seperti Goa Gajah dan Tirta Empul Tampaksiring tetap menjadi tujuan utama untuk dikunjungi oleh para wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Rata-rata kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara di objek wisata Goa Gajah mencapai 3.400 orang per bulan.

Sementara wisatawan mancanegara lebih dari 17.000 per bulan. Untuk objek wisata Tirta Empul Tampaksiring kunjungan wisatawan domestik tercatat 10.000 orang lebih dan wisatawan mancanegara 28.294 orang. Goa Gajah dan Tirta Empul Tampaksiring menjadi primadona kunjungan wisatawan tiap tahunnya. Goa Gajah maupun Tirta Empul Tampaksiring telah ditetapkan pula sebagai objek wisata spiritual. Di mana kedua objek ini sudah sering dimanfaatkan untuk kegiatan semedi atau lainnya baik oleh wisatawan domestik maupun mancanegara.

Selain kedua objek wisata tersebut, beberapa objek yang lainnya seperti Gunung Kawi Sebatu, Yeh Pulu dan Bukit Jati juga sudah banyak menarik wisatawan domestik maupun mancanegara selama ini. Namun karena belum begitu dikenal, maka jumlah kunjungan wisatawan belum seramai di Goa Gajah maupun Tirta Empul Tampaksiring. Kendati, lokasi dari objek wisata tersebut cukup strategis sama dengan yang lainnya berada di jalur lalu lintas pariwisata.

Untuk bisa lebih menarik jumlah wisatawan, sudah dilakukan berbagai terobosan termasuk promosi. Jumlah kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara sangat membludak ketika musim liburan panjang dan menyambut Natal dan Tahun Baru lalu. Khusus untuk wisatawan domestik, paling ramai ketika musim liburan panjang sekolah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please insert the signs in the image: